Sharing Tutorial Pemrograman, Database, Aplikasi, Informasi, Umum dan News Update

Cara Convert Tipe Data Pada Database PostgreSql

Pada postingan sebelumnya kita sudah mengetahui beberapa tutorial mengenai database postgreSql seperti cara membuat function nama bulan , cara penggunaan selection case-when , penggunaan like- ilike , dan lain-lain.

Pada postingan kali ini akan di share mengenai salah satu cara untuk melakukan convert tipe data pada database postgreSql, convert tipe data terkadang kita butuhkan untuk manipulasi output data dari sebuah hasil query seperti :
1. Tipe data field 'created_date' pada tabel adalah timestamp atau datelalu ketika kita melakukan query output datanya ingin menjadi character varying .
2.  Tipe data file 'umur' pada tabel adalah integer lalu ketika kita melakukan query output datanya ingin menjadi string atau character varying.
3. dan lain-lain

Salah satu cara untuk melakukan convert  tipe data seperti kasus-kasus contoh di atas adalah dengan menggunakan key '::' seperti contoh berikut :



Pada contoh kasus di atas, ketika kita melakukan query data dari tabel rtl_master_barang field created_date  field tersebut tipe datanya adalah timestamp namun kita akan ubah output data ketika melakukan query menjadi character varying, caranya cukup simple 'created_date::character varying(50) as createddate_convert'
  • created_date adalah nama field
  • :: adalah key untuk melakukan convert
  • character varying adalah tipe data yang dinginkan
  • (50) adalah length (panjang) dari tipe data
Pada tipe data yang lainnya pun sama seperti kita akan melakukan convert field umur yang tipe datanya character varying menjadi integer :
select umur::integer from master_customer
Cukup simple dan mudah untuk dicoba, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

[facebook]

inilahcode

{facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget