Sharing Tutorial Pemrograman, Database, Aplikasi, Informasi, Umum dan News Update

Penggunaan Like dan Ilike Pada Sintak Sql, Mysql dan PostgreSql



Perintah like pada sql, mysql ataupun postgresql sudah tidak asing lagi karena sudah familiar, orang-orang menggunakan perintah 'like' pada query select untuk melakukan pencarian data.

contoh :

select * from master_barang where nama_barang like '%gentleman%'

ketika query tersebut di execute akan menampilkan data-data yang mengandung kata 'gentleman' , kekurangan dari 'like' adalah case sensitive artinya ketika data nya mengandung hurup besar dan kecil maka data-data tersebut tidak akan ditampilkan. jadi harus di convert dulu ke upper case ataupun ke lower case.

Berbeda halnya dengan perintah 'ilike', perintah ilike mengabaikan case sensitive artinya kita tidak perlu melakukan convert ke upper case ataupun lower case. contoh :


select * from master_barang where nama_barang ilike '%gentleman%'

ketika query tersebut di execute maka akan menampilkan data-data yang mengandung gentleman baik itu yang mengandung hurup besar ataupun hurup kecil seperti : Gentleman , gentLeman.



Selamat Mencoba.
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

[facebook]

inilahcode

{facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget