Sharing Tutorial Pemrograman, Database, Aplikasi, Informasi, Umum dan News Update

Sistem Informasi Knowledge Management

Manajemen pengetahuan adalah salah satu rangkaian kegiatan yang dapat digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengindentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk diketahui, digunakan dan dipelajari.

Kemampuan organisasi untuk menciptakan pengetahuan di lingkungan kerjanya, bergantung kepada semua individu karyawan untuk dapat mengakses gagasan, informasi atau pengalaman karyawan. Dengan demikian, terciptanya pengetahuan dapat tercapai melalui pemahaman atau pengakuan terhadap hubungan sinergi dari tacit knowledge ke dalam explicit knowledge dalam organisasi serta melalui aspek budaya lingkungan yang menciptakan pengetahuan baru.

Aspek budaya yang diterapkan pada lingkungan organisasi memiliki pangaruh besar terhadap peningkatan kualitas pengetahuan karyawannya. Dengan menggunakan sistem knowledge management diharapkan pengetahuan yang bersifat tacit maupun eksplisit dapat disampaikan kepada individu lainnya, sehingga peningkatan kualitas SDM akan mudah untuk dicapai. Adapun kerangka  Sistem Informasi Knowledge Management yang terkonsep tampak pada gambar berikut.


Dari gambar tersebut menunjukan bahwa pencarian gagasan dan pengetahuan bisa didapatkan dari diskusi secara berkala, pertemuan bulanan, internet / media masa, proses belajar dan pengalaman kerja. Selanjutnya pengetahuan yang didapat tersebut dituliskan pada system knowledge management. Jenis pengetahuan yang dituliskan akan dibagikan oleh sistem berdasakan kategori, guna memudahkan pencarian informasi. Semua dokumen dan pengetahuan yang ada pada sistem akan bagikan pada individu lainnya  agar pengetahuan tersebut dapat digunakan kembali. 

Rumusan Masalah Sistem Informasi Knowledge Management :
  1. Bagaimana cara untuk mengumpulkan pengetahuan yang masih bersifat tacit dalam organisasi ? yang dimaksud dengan pengetahuan tacit yaitu pengetahuan yang diperoleh dari individu yang pengembangannya melalui pengalaman yang sulit diformulasikan dan dikomunikasikan.
  2. Bagaimana proses mencari peraturan – peraturan yang berkaitan dengan anak dengan cepat dan akurat ?
  3. Bagaimana proses berbagi pengetahuan dalam organisasi tanpa harus bertatap muka dan tidak mengganggu aktifitas kerja ?
 

Post a Comment

[facebook]

inilahcode

{facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget